Sembilan Belas Tahun

00.18

Ini sudah pagi atau mungkin masih tengah malam. Entahlah, tergantung bagaimana orang melihatnya.

Ia terpekur di depan laptop. Menatap halaman salah satu jejaring sosial. Itu dia! 

Telah 19 tahun kau meniti jalan panjang kehidupan. Sembilan belas tahun kau merasakan segarnya udara ciptaan Tuhan. Sudah Sembilan belas tahun.

Telah 19 tahun kau belajar. Belajar apapun. Mulai dari hal kecil hingga obsesimu barumu menjadi auditor. Munlai belajar memasak sampai menyelesaikan laporan keuangan. Sudah Sembilan belas tahun.

Telah 19 tahun kau hidup di tengah-tengah orang-orang hebat. Sesungguhnya mereka adalah pemacumu. Penggerak pompa semangatmu. Pemantik nyala api tak kenal lelahmu. Sudah Sembilan belas tahun.

Kau yang memandangi layar laptopmu. Ya, yang mengetik tulisan ini pula. Selamat bertambah usia! Semoga dengan bertambahnya usiamu kau makin dewasa,makin cantik, makin membanggakan orang tua. Jangan lupakan apa yang mereka selalu pesankan kepadamu. Tetaplah menjadi siapa dirimu, dimanapun. Jaga nama baikmu dan keluargamu.

Belajarlah. Karena dengan itu akan naik derajatmu. Karena dengan itu akan bertambah pengalamanmu. Mencobalah. Coba lepasan keragu-raguan yang sering datang menyelimuti pikiranmu. Bebaskan dirimu dari rasa tak mampu. Kau sendiri pernah berkata, “You are what you’re thinking.”

Berpikir positiflah. Karena seperti yang kau tahu, betapa besar kekuatan pikiranmu itu. Jangan pernah berpikir kau tak mampu. Kau hanya belum berhasil.

Bersihkan hatimu. Jangan pernah kau lupkan lagi laporan lima waktumu. Dia yang memberimu segalanya. Ibadah, hidup, dan matimu. Sering-seringlah meminta kepada-Nya, memohon cinta dan kasihnya. Kenakan baju panjangmu, meski belum mampu kau dan kerudungmu.

Ini sudah tahun ke Sembilan belas.
Babak baru lakon ‘Hidup’ milikmu.
Bermainlah dengan baik, wahai  saudariku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s